Friday, June 12, 2009

4.000 Pulau Indonesia Akan Tenggelam Akibat Iklim Global

Telah nampak kerusakan di laut, udara dan di daratan akibat ulah-ulajh manusia.

Akibat iklim global, tidak kurang 4.000 pulau di wilayah Indonesia diprediksi terancam tenggelam dalam kurun waktu satu dasawarsa

Ancaman ini sebagai dampak dari laju ekstrim iklim global yang mengakibatkan es di kutub terus mencair dan mempengaruhi penambahan permukaan air laut.

Prediksi tersebut disampaikan Deputi Meneg Lingkungan Hidup Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat Dr Henri Bustaman kepada wartawan di Bandung, Rabu (10/6) kemarin.

Prediksi tentang ancaman terhadap ribuan pulau di Indonesia itu sebagai hasil simulasi yang dilakukan sebuah tim dari Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun lalu 2008.

Henri Bustaman berharap Indonesia terus melakukan langkah-langkah pencegahan, seperti dilakukan Kementerian LH bekerjasama dengan Lembaga Pertahanan Nasional.

Ia menjelaskan, pasang tinggi di pantai utara (Pantura) Jawa pada beberapa waktu lalu, permukaan air lautnya meninggi tiga meter dan suhunya panas.

Selain pulau-pulau di wilayah timur Indonesia yang paling mungkin tenggelam, pulau-pulau terluar di Indonesia juga diperkirakan akan hilang, katanya.

Kementerian LH saat ini terus mensosialisasikan program penyelamatan lingkungan, termasuk pulau-pulau, kepada masyarakat sekitar dengan program penanaman bakau untuk mencegah intrusi air laut.

No comments:

PUSTAKA KITA

> MISRIADI BLOG
> OKEZONE
> GAME ONLINE FULLY
> DETIK
> BLOG TARGET
> VIVA NEWS
> DESIGN BLOG
> BIRU BLOG
> LOGO BLOG
> BLOG BASIS BAHASA
> HTML BLOG
> SENIOR BLOG PANUTAN
free counters



website design