Wednesday, May 27, 2009

SOAL UJIAN MANAJEMEN MARITIM - SISKAL-ITS

JURUSAN TSP – FTK-ITS

UJIAN TENGAH SEMESTER(UTS) - SEMESTER GENAP 2007/2008

: MANAJEMEN MARITIM

Kamis , 24 April 2008, jam 18.30- Ruang WA , Dosen: M. Orianto

1. Dengan adanya kenaikan harga minyak mentah international menjadi 120 U$ per barrel akan mengakibatkan naiknya biaya operasi berbagai moda transportasi di Indonesia, maka agar lebih efektif dan efisien, kita harus cermat dalam pemilihan moda transportasi, sbb:

a. Berdasarkan Jenis Barang yang diangkut, sebutkan – Pemilihan Jenis Moda transportasi yang sesuai

b. Dalam pemilihan Moda Transpotasi untuk suatu jenis barang tertentu, ada beberapa kriteria , sebutkan.

c. Selain itu juga ada kriteria jarak dan volume , untuk pemilihan moda transportasi barang , sebutkan kriteria2 apa saja.

d. Untuk muatan penumpang , kriteria apa yang ada untuk pemilihan moda transportasi? [Sumber: Studi Rencana Induk Perhubungan 1989 ,data lama]. Jika Anda lihat Data pada Moda Udara tersebut, apa masih berlaku/apa benar................?, jika kita melihat perkembangan moda pesawar udara tahun 2000 an sampai dengan saat ini ( apa ada relevansinya dengan tumbuh kembangnya LCC). Jelaskan . Apa akibatnya terhadap moda laut muatan penumpang jarak jauh (seperti PELNI)?

2. Pada Inpres 5/2005(LAMPIRKAN), point2 penting apa saja yang dibahas, uraikan panjang lebar . Apa yang disebut azas Cabotage, uraikan. Uraikan juga berapa persen kapal lokal dan asing yang menguasai lingkup bisnis export-import dan berapa persen untuk lingkup pelayaran antar pulau /lokal Indonesia ?

3. Pada Undang-undang Pelayaran(LAMPIRKAN) , point2 penting apa saja , uraikan panjang lebar. Apa konsen/concern kita (sebagai masyarakat maritim), apa yang kita harapkan dengan adanya UU tersebut, uraikan. Juga jelaskan apa akibatnya/yang akan terjadi pada PT Pelindo I,II,III,IV? Positipkah, negatipkah, uraikan. Bisa Down Load web site, atau sumber lain

4. Dalam hubunganya dengan masalah Transportasi Muatan Minyak , Pada Perusahaan Besar seperti Pertamina..................Struktur Organisasi yang bagaimana seharusnya yang dipakai .......... Gambarkan lengkap skema organisasi tersebut , dan uraikan dengan gamblang.........job discription/tugas dan fungsi masing-masing pejabat di masing-masing kotak organisasi tersebut. (Bisa Down Load web site Pertamina, atau sumber lain)

5. Pada Perusahaan Transportasi besar seperti PELNI yang khusus melayani muatan Penumpang , ..................Struktur Organisasi yang bagaimana seharusnya yang dipakai .......... Gambarkan lengkap skema organisasi tersebut , dan uraikan dengan gamblang......job discription/tugas dan fungsi masing-masing pejabat di masing-masing kotak organisasi tersebut. (Bisa Down Load web site Pelni, atau sumber lain/Departemen Perhubungan, dll)

6. Mengapa ada terjadi modifikasi beberapa Kapal2(Penumpang) PELNI .menjadi kapal barang /semi container .Uraikan latar belakangnya ...apa yang terjadi pada tahun2 .terakhir ini.......................sehingga mendasari keputusan para decisison maker PT Pelni tersebut. Lengkapi uraian anda dengan data2 koran, majalah, downlods dsb.

7. Bisnis Batubara, dan Tongkang Batubara (dan Kapal Tundanya) sedang booming ...............pada 2007 -2008 ini, uraikan panjang lebar, latar belakangnya, prospeknya, lengkapi uraian anda tersebut dengan sumber2 berita/data(dari kliping koran, majalah, down loads,dll).

8. Pada masalah PERAMALAN TRANSPORTASI, dengan metode Analisis Cross Section, Multiple Regresion, kerjakan(lagi) /pakai EXEL, contoh soal halaman 100, dengan data/angka2 persis seperti PR terakhir kemarin.

Note: Serahkan semua hasil UTS dalam bentuk Hard Copy dan CD, Sabtu tgl 3 Mei , jam 9.00.

--------------------End------------------

No comments:

PUSTAKA KITA

> MISRIADI BLOG
> OKEZONE
> GAME ONLINE FULLY
> DETIK
> BLOG TARGET
> VIVA NEWS
> DESIGN BLOG
> BIRU BLOG
> LOGO BLOG
> BLOG BASIS BAHASA
> HTML BLOG
> SENIOR BLOG PANUTAN
free counters



website design